Minggu, Februari 21, 2010

PON 2012

Jum’at, 5 Pebruari 2010 16:39
PON 2012, Riau Targetkan Lima Besar

Tahun 2012 Riau jadi tuan rumah penyelenggaraan PON XVIII. Tidak sekedar target sukses pelaksanaan, tetapi Riau juga mematok prestasi posisi lima besar.

Riauterkini-PALEMBANG- Riau akan menjadi tuan rumah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012. Namun Riau tidak memasang target muluk-muluk, cukup masuk lima besar. Bila mungkin, Riau tentu ingin menjadi juara umum pada pesta olahraga bergengsi tingkat nasional itu.

Hal itu dikemukakan Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional bertajuk "Mengembalikan Kejayaan Olahraga Indonesia" yang ditaja SIWO PWI Pusat sempena acara Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Palembang, Jum'at (5/2). "Kita tidak berharap muluk-muluk, target kita masuk lima besar. Kalau jadi juara umum, ya alhamdulillah," kata Gubri apa adanya.

Disebutkan Gubri, prestasi olahraga Riau dari tahun ke tahun terus membaik. Dulu, pada PON di Surabaya, Riau hanya peringkat ke-18, PON berikutnya di Palembang, Riau peringkat ke-11. Pada PON yang lalu di Kaltim, prestasi para atlit Riau terus membaik dan berhasil meraih peringkat ke-10. "Jadi alhamdulillah trennya terus meningkat," ulasnya dengan senyum mengambang.

Selain Gubri, hadir pada kesempatan itu sebagai pembicara Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo, Gubernur Sumsel Alex Nurdin, Gubernur Jawa Barat Heryawan dan Menpora yang diwakili Sesmennya. Gubri diundang karena Riau akan menjadi tuan rumah PON XVIII pada 2012 mendatang. Sementara Sumsel dan Jabar akan menjadi tuan rumah pada SEA Games 2011 mendatang.

Terkait kesiapan Riau sebagai tuan rumah, Gubri mengatakan bahwa hingga kini persiapan pembangunan venues sudah mencapai 84 persen, tinggal sekitar 16 persen yang belum tuntas. Makanya, bila tak ada halangan, dipastikan jauh sebelum penyelenggaraan PON, yakni pada akhir 2012, pembangunan venues-venues sudah selesai. "Dengan dukungan semua pihak, kita akan segera menyelesaikan semua pembangunan venues-venues yang diperlukan," urai Gubri.

Gubri kembali menegaskan bahwa pembangunan venues-venues ini dipusatkan di 4 universitas di Riau, yakni UNRI, UIN, Unilak dan UIR. Begitu juga dengan pembangunan rusunawa yang akan menjadi tempat penginapan atau perkampungan atlit. "Kami memang sengaja membangun di sekitar kampus, karena nanti bila PON sudah selesai, semua itu bisa dimanfaatkan oleh kampus-kampus itu," kata Gubri seraya menambahkan bahwa konsep pembangunan venues juga harus bersahabat dengan lingkungan atau green area, sehingga tampak asri dan tidak gersang.

Gubri juga menyebut empat sukses yang ingin diraih Riau sebagai tuan rumah, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi rakyat dan sukses promosi daerah. "Ini yang ingin kita capai sebagai tuan rumah," ucapnya.***(rls)

Sumber: http://www.riauterkini.com/raga.php?arr=27911

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini